Senin, 23 Mei 2011

Kegiatan Pokok Ekonomi

A.      Pengertian konsumsi
Pengertian konsumsi dibedahan menjadi 2 macam:
1.       Pengertian konsumsi dalam arti sempit, yang dapat diartikan sebagai kegiatan memakai atau menghabiskan barang untuk memenuhi kebutuhan.
2.       Pengertian konsumsi dalam arti luas, adalah pemakaian kegunaan barang untuk memenuhi kebutuhan sehingga kegunaan atau nilai barang tersebut berangsur -  angsur sekaligus akan habis.
B.      Tujuan Dan Faktor Konsumsi
Kegiatan konsumsi secara umum bertujuan untuk:
a.       Memperoleh kepuasan setinggi – tingginya.
b.      Memenuhi kemakmuran atau mencapai kemakmuran.
c.       Memenuhi kebutuhan hidup.
d.      Menghabiskan nilai guna barang atau jasa.
Berdasarkan tujuanya, kegiatan konsumsi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
a.      Konsumsi akhir, yaitu kegiatan konsumsi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan secara langsung, misalnya: baju, makanan, minuman, dan lain – lain
b.      Konsumsi produktif, yaitu kegiatan konsumsi yang bertujuan untuk menghasilkan han barang/jasa lain, misalnya:  pemakaian bahan baku, pemakaian mesin, pemakaian angkutan umum, dan lain – lain.

Faktor – faktor yang mempengaruhi konsumsi, antara lain:
a.       Tradisi
b.      Kebiasaan
c.       Mode
C.      Asas Konsumsi
Manusia melakukan kegiatan konsumsi mengenal 3 asas yaitu:
1.       Asas Surplus yaitu jumlah nilai barang dan jasa yang dikonsumsi lebih kecil dari penghasilan (I >C  atau pendapatan lebih besar dari konsumsi).
2.       Asas Defisit yaitu jumlah nilai barang dan jasa yang dikonsumsilebih besar dari penghasilan  (I < C atau pendapatan lebih kecil dari konsumsi)
3.       Asas Seimbang yaitu jumlah nilai barang dan jasa yang dikonsumsi sama dengan jumlah pendapatan atau penghasilan (I = C atau pendapatan sama dengan konsumsi)

Pada umumnya semakin besar pendapatan yang diterima akan semakin besar pula konsumsinya oleh karena itu manusia perlu menyisihkan pendapatanya untuk ditabung.
Sehingga hubungan antara pendapatan, konsumsi dan tabungan dapat dibuat seperti rumus berikut:

Rounded Rectangle: KONSUMSI: PENDAPATAN - TABUNGAN
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar